16 Nov 2016 13:28

Waspadai Maraknya Investasi Ilegal dengan Nilai Keuntungan yang Tidak Wajar

keluarga kokoh

-habadaily.com

SHARE:

     Maraknya investasi ilegal menjadi salah satu hal yang mendapat sorotan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saat ini. Banyak bermunculan badan usaha yang menawarkan keuntungan dengan nilai yang tidak wajar. Saat mendapati ada usaha dengan keuntungan yang tidak wajar, masyarakat bisa berkonsultasi dengan OJK. “Sebagai pengontrol dan pengawas lembaga jasa keuangan di Indonesia, OJK juga memberikan layanan dan pembelaan hukum kepada konsumen”, ungkap Tri Herdianto, Deputi Direktur Pengembangan Kebijakan Perlindungan Konsumen OJK.

     Merasa dirugikan? Fida Syarifa, Staf Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK KR 4 Jatim, berbagi tips saat mendapati usaha yang Anda ikuti saat ini tidak terdaftar dan tidak diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, lakukan hal berikut :

1. Cari sumber yang melegalkan badan usaha tersebut

    Untuk badan usaha diluar sektor jasa keuangan, non keuangan, dan pasar modal, Anda bisa mencari ke Kementrian yang menaungi, semisal Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Kementrian Perindustrian, Kementrian Perdagangan.  Jika usaha yang Anda ikuti bergerak dalam bidang koperasi, maka laporkan atau mintalah klarifikasi dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

2. Laporkan kepada pihak yang berwajib

    Jika dalam hal ini kasus Anda merasa dirugikan dan masuk ke dalam ranah pidana. Laporkan kepada pihak kepolisian. Kepolisian akan mengusut perkara pidana menurut persoalan hukum yang berlaku

3. Jika masuk dalam ranah perdata, lakukan hal ini

    Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kemeterian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kejaksaan, Kepolisian RI, dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sepakat memperkuat kerjasama dalam Satuan Tugas Waspada Investasi untuk mencegah dan menangani maraknya tawaran dan praktek investasi ilegal. Anda dapat melaporkan jika terjadi kecurangan atau kerugian yang diakibatkan investasi ilegal kepada Satgas Waspada Investasi. Selanjutnya OJK akan berkoordinasi dengan kementrian terkait.

    

 


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali