12 Nov 2016 19:00

Memperingati Hari Ayah, Berikut Berbagai Perayaannya di Dunia

keluarga kokoh

pixabay.com

SHARE:

Ayah adalah pertanda kehidupan. Keberadaannya menjadi napas dan nadir yang tak bisa dilepaskan dari perjalanan seseorang. Tak ada ayah, tak ada angin kehidupan. Tak ada ayah, bumantara tak bergerak, mati tanpa sebab.

 

Tak sampai di situ, ayah adalah simbol ketegasan dan keperkasaan. Begitu berarti kehadirannya di tengah dunia memang patut dirayakan. Tentu saja lewat Hari Ayah. Hari Ayah adalah sebuah hari yang ditetapkan bersama untuk menghormati jasa mereka. Hampir di seluruh dunia, Hari Ayah mulai diperingati pada awal abad ke-12. Sementara itu, hampir tak ada negara yang tak merayakan. Meski demikian, lain negara, lain pula caranya memperingati. Seperti apa negara-negara di dunia menggelar Hari Ayah?

 

1. Hari Ayah di Indonesia.

unsplash.com

Banyak orang bertanya-tanya, tanggal berapa pastinya Hari Ayah di Nusantara dirayakan. Sejak 2006 lalu, tepatnya pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, Hari Ayah di Indonesia ditetapkan setiap tanggal 12 November. “Peresmian” Hari Ayah, kala itu, dilakukan di Solo, Jawa Tengah. Lantas, sejak sepuluh tahun lalu, hingga hari ini, orang-orang Indonesia pun mulai mengenal Hari Ayah Nasional.

2. Hari Ayah di Taiwan.

unsplash.com

Hari Ayah atau Fathers Day di Taiwan digelar setiap 8 Agustus. Masyarakat di sana sudah mulai memperingati hari tersebut sejak 1945. Mengapa tanggal 8 Agustus? Sebab, pada masa dulu, terjadi bom atom besar-besaran di Cina. Dua hari setelahnya, meski negara berantakan, kondisi cukup kondusif. Hari Ayah ditetapkan untuk mengenang jasa para ayah yang meninggal terkena bom. Banyak pahlawan, relawan, dan warga sipil yang jatuh menjadi korban. Terlepas dari cerita itu, tanggal 8 dipilih karena 8-8 (八 八) merupakan homofon untuk baba / papa (爸爸).

3. Hari Ayah di Amerika Serikat.

pexels.com

Di Negeri Paman Sam, Hari Ayah merupakan sebuah perayaan untuk menghormati ayah berlatar belakang sekelompok orang yang kebanyakan laki-laki dan yang meninggal dalam kecelakaan pertambangan di Monongah, Virginia Barat, pada 1907. Hari Ayah di Amerika Serikat pertama kali diusulkan pada 1909. Hari Ayah di sana diperingati pada setiap hari Minggu di pekan ketiga bulan Juni. Biasanya, pada hari itu, para ayah diperkenankan untuk menikmati liburan.

4. Hari Ayah di Inggris.

negativespace.co

Tak berlainan dengan di Amerika, Hari Ayah di Inggris juga diperingati pada pekan ketiga Juni. Orang-orang merayakannya dengan cara mengunjungi ayah. Mereka juga mengirimkan kartu dan hadiah kepada ayah masing-masing. Kado yang umum diberikan adalah kaus kaki, pakaian, sweater, sandal, atau aksesoris lain yang bisa dipakai. Ada juga yang menjajakan makanan mewah atau minuman alkohol. Menariknya, perayaan Hari Ayah di Inggris membuat usaha-usaha percetakan meraup untung berlebih. Sebab, masyarakat berbondong-bondong mencetak tulisan “Ayah Terbaik” atau slogan-slogan lain yang dikirimkan ke ayahnya masing-masing. Seminggu sebelum Hari Ayah, banyak guru di sekolah membantu siswa membuat kartu atau hadiah untuk ayah mereka. Ibu dan anggota keluarga lain juga dapat membantu anak-anak membuat hadiah, seperti kalender dengan gambar yang dibuat oleh anak-anak.

5. Hari Ayah di Turki.

pexels.com

Hari Ayah di Turki juga digelar setiap tahun pada pekan ketiga bulan Juni. Hari ini khusus digunakan untuk menghormati peran ayah dalam keluarga dan masyarakat. Setelah sukses menggelar Hari Ibu, Hari Ayah mulai muncul. Orang-orang Turki meyakini, Hari Ayah muncul lantaran ada sebuah bencana yang menimpa pertambangan monografi. Kejadian itu menewaskan 361 orang. Para ayah yang tewas dalam kejadian itu meninggalkan sekitar 1.000 anak. Di Turki, Hari Ayah berbarengan dengan musim semi dan musim panas sebelumnya. Mereka berpesta makan daging kalkun dan sosis kalkun. Mereka juga memanggang burger, steak drum kalkun, dada kalkun, dan hot dog kalkun yang dipersembahkan untuk ayah.

 

Nah, bagaimana dengan tradisi Hari Ayah anda?

Jangan lupa ungkapkan rasa kasih Anda untuk ayah pada hari ayah sekarang juga!


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali