18 Okt 2016 11:28

Waspadai Jajanan Anak yang Diduga Mengandung Narkoba

keluarga kokoh

-twitter.com/permenjari

SHARE:

    Isu-isu mengenai dugaan adanya kandungan narkotika dalam jajanan anak yang dijual secara bebas sebenarnya sudah sejak lama berhembus. Baru-baru ini kembali berhembus kabar jajanan permen yang diduga mengandung narkoba, yaitu permen jari. Permen yang sedang digandrungi anak-anak karena bentuknya yang unik dan rasanya yang bervariasi ini dilaporkan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM) karena ada laporan dari masyarakat.

    Dalam rilis yang dikeluarkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN), permen jari bebas dari kandungan narkotika. “ Dari hasil pengujian/pemeriksaan laboratorium yang dilakukan oleh Balai Uji Laboratorium Narkoba BNN didapatkan hasil bahwa TIDAK DITEMUKAN KANDUNGAN NARKOTIKA pada permen jari yang dimaksud”, demikian penjelasan dari Humas BNN sebagaimana dikutip dari rilis yang beredar.

    Selain itu BPOM juga memberikan penjelasan dalam websitenya jika permen yang dimaksud bebas dari kandungan narkotika. “ Hasil pengujian terhadap sampel dari beberapa wilayah di Indonesia, antara lain Jakarta, Serang, Pontianak, Bandung, Padang, dan Banjarmasin menunjukkan semua hasil negatif, bahwa sampel produk Permen Jari tersebut tidak terdeteksi mengandung narkoba”, sebagaimana dikutip dari rilis yang dikeluarkan oleh Badan POM.

        Namun hal ini tidak lantas menurunkan kewaspadaan orang tua, BNN menghimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap ancaman narkotika yang saat ini muncul dalam berbagai bentuk dan jenis. Bukan hanya itu saja, nilai gizi dari jajanan yang anak konsumsi juga penting untuk diperhatikan. Jajan bukan hanya asal kenyang tapi harus sehat.

    Selain itu BPOM juga menghimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya terhadap isu-isu terkait Obat dan Makanan yang beredar melalui media sosial. Salah satu cara untuk mendeteksi sebuah produk layak konsumsi adalah melihat komposisi dan nomor registrasi BPOM yang biasanya tertera pada kemasan. Namun jika masih ragu, Anda bisa cross check dengan melihat nomor registrasi BPOM yang ada di website BPOM.

 


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali