11 Okt 2016 13:21

Ternyata Ini Alasan Mengapa di saat Hujan Tubuh Jadi Lebih Mudah Mengantuk

keluarga kokoh

-favim.com

SHARE:

     Jika Anda bertanya-tanya mengapa hujan membuat  mengantuk. Yakinlah bahwa Anda bukan satu-satunya yang merasa mager (malas gerak) dan mengantuk saat hujan. Keadaan cuaca ini dapat membuat Anda lebih lamban dan kurang energik. Banyak penelitian telah dilakukan untuk mempelajari efek negatif cuaca ini pada suasana hati dan kepribadian. Dilansir dari newhealthadvisor, berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan mengapa di saat hujan orang akan cenderung untuk mengantuk:

1. Perubahan Hormon

cnn.com

    Sinar matahari merangsang saraf optik dan produksi melatonin berkurang oleh rangsangan ini. Melatonin membuat kita mengantuk dan ketika tidak ada cukup sinar matahari, produksi hormon menjadi berkurang, sehingga kita merasa mengantuk. Serotonin, dianggap oleh beberapa peneliti sebagai bahan kimia yang bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan mood, yang juga diproduksi saat ada sinar matahari. Kurangnya sinar matahari membuat produksi serotonin berkurang, sehingga hal ini membuat kita merasa mengantuk saat hujan datang.

2. Bau Setelah Hujan

weatherwizkids.com

    Mengapa hujan membuat kita mengantuk? Alasan lain adalah karena baunya. Kita semua sangat suka dengan bau tanah setelah hujan. Aroma wangi ini menenangkan dan menyegarkan. Hal ini dihasilkan ketika zat bernama geosmin berinteraksi dengan minyak tumbuhan yang ada dalam tanah. Minyak ini disekresikan oleh tanaman untuk mencegah biji dari perkecambahan ketika cuaca kering. Saat hujan, minyak ini larut dan biji dapat tumbuh.

    Selain itu, bau setelah badai juga bisa menjadi alasan. Bau ini menyerupai aroma ozon pada sprei yang baru dicuci. Ketika petir menyambar, molekul oksigen pecah dan berreformasi. Bau ozon menenangkan dan dapat menyebabkan tidur.

3. Tekanan Udara Rendah

abc11.com

    Tekanan atmosfer yang rendah menyebabkan hujan, dan ketika tekanan atmosfer turun, tekanan oksigen di udara juga ikut menurun. Dalam kondisi ini, pasokan oksigen dalam tubuh juga rendah sehingga memperlambat metabolisme yang membuat kita lebih lamban dan mengantuk

4. Berkurangnya Visibilitas

openbay.com

    Tubuh manusia beraktifitas berdasarkan kehadiran sinar matahari. Siang hari untuk bekerja dan malam hari adalah untuk istirahat. Saat hujan, sinar matahari menghilang, sehingga pagi dan sore terlihat seperti malam, yang membuat tubuh Anda cenderung untuk menutup mata Anda.

5. Suara Hujan

news1130.com

    Kita hidup di dunia yang sangat bising. Selalu ada suara-suara bising di luas sana. Namun hujan merendam suara-suara tersebut. Dalam suara hujan juga terdapat pola yang stabil, dan suara yang dihasilkannya bertindak sebagai pengantar tidur. Efek inilah yang membuat kita lebih mudah mengantuk saat hujan.

6. Aspek Psikologis

flickr.com

    Saat cuaca cerah dan terang, tubuh akan lebih produktif dan aktif. Sinar matahari dan siang sari berhubungan dengan pekerjaan, aktivitas dan waktu bermain. Kita cenderung bergerak cepat saat keadaan dan orang-orang di sekitar kita juga bergerak cepat. Namun saat hujan orang lebih suka berada di dalam ruangan, dan membuat kita malas untuk bergerak

 


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali