20 Sep 2016 13:20

ASI, Paket Lengkap Asah, Asih, Asuh untuk Anak

keluarga kokoh

Berikan ASI Eksklusif untuk anak -sehatplan.com

SHARE:

     ASI yang keluar hanya sedikit di awal-awal menyusui, bekerja, hingga lingkungan yang tidak pro ASI kerap menjadi pemicu ibu-ibu yang baru melahirkan untuk beralih ke susu formula. Padahal, kata Meutia Ananda, psikolog sekaligus Konselor ASI di Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Jatim dalam siaran di Radio Suara Surabaya membeberkan dampak anak yang diberi ASI eksklusif dalam tumbuh kembangnya. Menurutnya saat ini sudah banyak penelitian / literatur yang menunjukkan bahwa anak yang diberi ASI Eksklusif memiliki tingkat IQ lebih tinggi, secara emosional lebih terarah dan memiliki kontrol emosi yang baik dikarenakan proses bonding pada saat menyusui.

     “Kebutuhan dasar setiap anak adalah asah, asih, dan asuh yang ketiganya bisa didapatkan lewat pemberian ASI”, kata Dr. Sunny Mariana Samosir. Dokter yang juga sebagai Konselor ASI di AIMI Jatim ini menjelaskan Asah identik dengan stimulasi. Bayi yang diberi ASI Eksklusif mendapatkan unsur Asah pada saat digendong, didekap, kontak mata dengan bayi kemudian ada proses diajak bicara yang membangun multiple stimulation dengan anak.

     Asih, membangun rasa kasih sayang antara ibu dengan anak, atau sering diistilahkan dengan bonding. Proses menyusui tidak hanya memberi makanan atau cairan kehidupan pada bayi, namun juga bonding yang tercipta saat menyusui seperti memberi pelukan, juga skin to skin contact memberikan kepercayaan dari bayi kepada ibu. Asuh identik dengan nutrisi. Dengan ASI, kita sudah memberikan yang terbaik untuk bayi. Tidak perlu diragukan lagi, ASI memang memiliki banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya.

 


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali