19 Agu 2016 07:00

Hai Pemuda-Pemudi Indonesia, Tetaplah Berjuang Dalam Perantauan Seperti Ini Demi Tujuan yang Mulia!

keluarga kokoh

Sumber Gambar: magnetreleasing.com

SHARE:

Tulisan dari: Sugeng Rahayu

 

Pendidikan adalah hal yang harus diperjuangkan. Sekalipun, kamu harus memperjuangkan pendidikanmu itu ke tempat yang jauh. Kamu rela merantau ke daerah yang asing, yang tidak pernah kamu ketahui sebelumnya untuk menuntut masa depanmu.

Meski berat, namun hal inilah yang menjadi nilai plus anak rantau sebagai alasan mengapa setiap keluarga di Indonesia harus memperkokoh rasa nasionalisme.

1. Kamu sanggup berjuang, meski rindu orangtuamu.

Sumber Gambar: blog.uad.ac.id

Kamu terpaksa untuk mandiri lebih awal dibandingkan teman-teman sebayamu. Di tempat yang baru, kamu harus memulai segala sesuatunya dari awal. Sendirian, kamu harus mencari tempat tinggal, mencari tempat makan yang ramah di kantong dan berkenalan dengan teman baru dengan ini kamu bisa membangun diri yang kokoh untuk masa depan.

Sisi survival-mu meski tak ada orang tua di sisimu inilah yang menonjol. Meski tak dipungkiri, kamu rindu dengan sifat orang tuamu. Kelak kamu juga akan menjadi orang tua maka perlu dipersiapkan sedari dini untuk masa depan yang lebih cerah.

2. Kamu berusaha menghapus air matamu demi tak merepotkan orangtua.

Sumber Gambar: magnetreleasing.com

Kamu rela bertahan di tanah rantaumu padahal libur telah tiba, karena kamu tidak ingin membebankan keadaan ekonomi orang tua. Sebenarnya, kamu sadar orang tua tak pernah melarangmu untuk pulang, karena mereka selalu berusaha mencari uang demi melihat anaknya. Namun, kamu berusaha untuk menghapus air mata mu dan berusaha untuk kuat demi tidak merepotkan orang tua.

3. Di saat yang lain bertemu keluarganya ketika liburan, kamu berusaha untuk mencari kesibukan sendiri.

Sumber Gambar: nit.pt

Liburan merupakan momen yang paling berharga untuk bertemu keluarga. Namun, pada umumnya tidak semua anak rantau bisa menikmati liburan. Kamu hanya bisa melampiaskan rasa rindumu dengan melihat foto keluarga. Selain itu, saat libur dan tidak bisa pulang kampung, kamu mencari kesibukan sendiri seperti mengerjakan skripsi, jalan-jalan, mendengar lagu daerah, bahkan naik motor mengelilingi daerah universitas sendiri.

Walaupun kerinduan dan kehangatan untuk keluarga sangat dirindukan tapi demi orang tua dan masa depan kamu harus puasa dulu katanya untuk merasakan sebuah kenikmatan yang dinantikan.

 


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali