18 Mei 2016 12:27

Bahaya Mengintai Perabotan di Rumah Anda

keluarga kokoh

Tempat cuci piring berpotensi menumpuk bakteri -Rumahku.com

SHARE:

Peralatan rumah tangga sehari-hari berikut sering kita gunakan dalam jangka waktu yang lama, namun jarang dibersihkan. Padahal kemungkinan tumbuh bakteri dan virus semakin besar, apabila kita tidak tahu waktu pembersihannya. Dilansir dari clarkhoward.com, berikut perabotan rumah tangga yang memerlukan perhatian ekstra dalam kebersihannya:

Bantal
Studi membuktikan bahwa semakin lama volume bantal semakin bertambah, hal ini dikarenakan tungau yang menumpuk. Cuci bantal dengan mesin cuci secara perlahan, masukkan dua bantal secara bersamaan. Cuci selama dua putaran dan sekali putaran untuk pengeringan. Cuci bantal Anda selama 3 hingga 6 bulan sekali.

Oven
Beberapa oven mempunyai fasilitas pembersih otomatis, namun jika oven Anda tidak memiliki fasilitas ini, lakukan langkah berikut. Mulanya, lepas bagian rak yang ada di dalam oven, lalu rendam dalam air hangat. Semprotkan cairan pembersih oven, diamkan selama beberapa jam. Terakhir, lap oven dan rak Anda, lalu masukkan kembali rak ke dalam oven. Pembersihan ini dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Kulkas
Jika ingin memastikan makanan yang disimpan di kulkas bebas bakteri, maka Anda harus memperhatikan kebersihan kulkas. Keluarkan isi kulkas terlebih dahulu. Buat larutan air dengan cuka dalam komposisi yang sama untuk mengelap bagian dalam dan luarnya. Pastikan pintu kulkas terbuka selama beberapa jam, setelah Anda melakukan langkah sebelumnya untuk proses pengeringan. Pembersihan ini dapat dilakukan setiap seminggu sekali.

Mesin cuci
Pencuci dan pengering pada mesin cuci terkenal mengandung bakteri dan kuman, seperti E.Coli dan Salmonella. Atur temperatur mesin cuci ke suhu tertinggi. Lalu masukkan 480 ml atau 2 cup cuka ke dalamnya lalu jalankan mesin cuci. Ulangi langkah ini dengan memasukkan ½ cup baking soda, lalu lap hingga bersih. Pembersihan ini dapat dilakukan setiap bulan.

Tempat cuci piring
Tempat cuci piring menjadi rumah besar kedua bagi mikroorganisme, sehingga perlu dibersihkan setiap hari. Untuk melakukannya, semprotkan cairan pembersih dan lap. Lalu bersihkan hingga sela-sela tempat cuci. Pembersihan ini dapat dilakukan setiap malam setelah Anda selesai beraktifitas di dapur.

 


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali